Jumat, 31 Mei 2013

Kenapa penebangan hutan harus dihentikan?

Kalau anda sedang membangun rumah, maka pasti akan mengeluhkan sulitnya mendapatkan kayu. Memang saat ini sedang seriusnya berbagai pihak melarang pembalakan liar atau ilegal logging atau penebangan hutan secara serampangan. Namun jika anda punya cukup uang, maka kayu berwarna gelap yang berusia ratusan tahun bisa anda dapatkan. Ternyata masih ada saja pihak yang menebang hutan dengan berbagai macam alasan.

Padahal kayu hutan bisa diganti dengan kayu dari pohon kelapa. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran, mengolahnya terlebih dahulu sebelum memakainya, maka kualitasnya tidak akan terlalu jauh dengan kayu hutan. Lagian sekarang ada galvalum, bisa digunakan sebagai pengganti kayu untuk kebutuhan membangun rumah.

Memang perlu kesadaran dan pengertian dari berbagai pihak, kenapa penebangan hutan harus dihentikan? Perlu pendidikan pada masyarakat tentang pentingnya hutan bagi kehidupan. Dan langkah pasti mencegah hutan tak tersentuh oleh tangan yang tidak bertanggung jawab.

Kenapa penebangan hutan berbahaya?
Karena penebangan hutan akan menimbulkan kerugian bagi kehidupan di dalam dan sekitar hutan. Banyak spesies langka yang akan punah, spesies tumbuhan yang berguna sebagai obat akan hilang dan mengancam kelangsungan hidup manusia.
Karena kerusakan hutan akan membuat penduduk di sekitar hutan "mengungsi" ke kota. Akibat hilangnya kekayaan hayati hutan, tidak ada jalan bagi penduduk untuk mendapatkan makanan dari hutan tersebut.
Karena penebangan hutan biasanya disertai pembersihan lahan dengan membakar hutan. Sehingga terjadi polusi di mana-mana. Dan ini jelas akan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar hutan.


Apa akibat dari penebangan hutan?
Punahnya spesies langka yang berguna bagi pengobatan. Sehingga kelangsungan hidup manusia terancam.
Musnahnya habitat di hutan, yang bisa mengganggu keseimbangan ekologi di alam.
Munculnya gurun pasir, karena tidak ada reboisasi setelah penebangan hutan tersebut.
Tanah longsor akibat erosi, karena hilangnya penahan air, yaitu pepohonan di hutan akibat penebangan hutan.
Banjir di mana-mana, karena hutan sebagai penahan air telah tiada.
Hilangnya kesuburan tanah, akibat hilangnya pepohonan di hutan.
Hilangnya hutan hujan, akibat penebangan liar, yang bisa mengancam kelangsungan hidup manusia.
Pemanasan global atau global warming, karena hilangnya hutan sebagai pemroses karbon dioksida.
Peningkatan karbon yang tak terkendali, yang bisa berakibat green house effect.


Memang perlu langkah tegas dari berbagai pihak dalam menjaga hutan dari penebangan liar. Karena kelangsungan hidup manusia dipertaruhkan disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar